Pasca-OTT Pungli Disdukcapil, Urus KK Jadi 2 Jam, Biasanya Nunggu Sebulan

Pasca-OTT Pungli Disdukcapil, Urus KK Jadi 2 Jam, Biasanya Nunggu Sebulan
OTT yang dilakukan Polres Lahat di Dukcapil beberapa waktu lalu. Foto: Iwan/Sumatera Ekspres/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Jumlah pemohon pendaftaran penduduk di Dinas Dukcapil Lahat, Sumsel, meningkat drastis pasca-operasi tangkap tangan (OTT) tim Saber Pungli, Selasa (25/7).

Kemarin (26/7), masyarakat memenuhi ruang tunggu yang telah disiapkan Dinas Dukcapil bagi masyarakat yang hendak mengurus pendaftaran kependudukan.

Kondisi ini jauh berbeda sebelum OTT yang terjadi di ruang Bidang Pendaftaran Kependudukan Dinas Dukcapil Lahat, dimana masyarakat yang datang tidak sampai terjadi antrean.

Meski jumlah pemohon meningkat drastis, pelayanan juga jauh lebih cepat dibandingkan sebelum OTT. Hampir seluruh staf di ruang pelayanan tersebut, fokus melayani masyarakat yang datang.

“Tunggu dulu ya, kami masih melayani,” ujar salah seorang staf, saat Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) mencoba meminta data masyarakat yang mengajukan permohonan sebelum dan pasca OTT.

Beberapa masyarakat yang datang, ada yang mengaku tidak mengetahui telah terjadi OTT di kantor pelayanan kependudukan itu.

Namun sebagian besar sudah tau informasi itu sehingga banyak yang memanfaatkan moment tersebut untuk mengajukan permohonan urusan kependudukan.

“Dulu kami mau urus KK ini sampai nunggu sebulan, hari ini cukup dua jam sudah selesai,” ujar salah seorang pemohon yang ikut antri. (irw)


Jumlah pemohon pendaftaran penduduk di Dinas Dukcapil Lahat, Sumsel, meningkat drastis pasca-operasi tangkap tangan (OTT) tim Saber Pungli, Selasa


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News