Pasca Pilkada, Ini Permintaan ICMI Kepada Umat Islam

Pasca Pilkada, Ini Permintaan ICMI Kepada Umat Islam
Wakil Ketua Umum ICMI, Priyo Budi Santoso (kiri) saat dialektika ICMI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2). FOTO: Fandi/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk menyikapi hasil pilkada serentak khususnya di DKI Jakarta secara arif dan bijaksana.

Menurut Wakil Ketua Umum ICMI, Priyo Budi Santoso, hasil pilkada serentak yang digelar kemarin harus diterima dengan lapang dada oleh semua pihak baik oleh paslon yang kalah dan yang lolos ke putaran 2.

"Yang harus dipahami dalam setiap kompetisi akan selalu ada yang menang dan kalah. Umat Islam jangan terlalu larut dalam euforia berlebihan dalam menyikapi pilkada DKI, tetap harus mengutamakan persatuan bangsa,” ujar Priyo saat dialektika ICMI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

Priyo berharap persaingan pilkada jangan sampai mengganggu kerukunan antarumat beragama yang mencermikan Indonesia sebagai bangsa yang majemuk.

"Agar proses Pilkada tetap jujur, mari kita semua mengawal dan mengawasi proses penghitungan suara. Segera laporkan bila menemukan kecurangan dan praktek money politic agar ditindaklanjuti oleh Bawaslu dan KPU,” katanya.

Priyo juga berpesan agar persaingan pilkada bisa memperkuat persatuan umat bukan menjadi ajang untuk memecah belah bangsa.

"Umat Islam diperintahkan Allah agar bersatu padu, jangan bertindak yang mengarah pada memecah belah persatuan seperti yang termaktub dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 103. Mari jaga kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” kata Priyo.(mg5/JPNN)


Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk menyikapi hasil pilkada serentak khususnya di DKI Jakarta secara


Redaktur & Reporter : Fandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News