PascaErupsi Krakatau, Penyaluran BBM dan LPG Aman?

PascaErupsi Krakatau, Penyaluran BBM dan LPG Aman?
Bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan Pertamina. Foto dok Humas Pertamina

jpnn.com, LAMPUNG - PT Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel, khususnya di wilayah Lampung memastikan fasilitas BBM dan LPG dalam kondisi aman pascaterjadinya erupsi Krakatau dan pasang surut air laut.

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf menjelaskan, setidaknya ada dua fasilitas Pertamina di Lampung, yakni Terminal BBM dan Depot LPG di Panjang.

“Berdasarkan laporan awal dari tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) di Lampung, kondisi dan situasi di TBBM dan Depot LPG Panjang dalam keadaan aman pascaterjadinya erupsi Krakatau dan pasang surut air laut yang menyusul. Kami terus melakukan pengecekan dan pengawasan berkala kondisi terbaru,” katanya.

Untuk penyaluran BBM dan LPG bagi masyarakat, Rifky memastikan tidak akan terganggu dan tetap berjalan seperti biasanya. Jika ada wilayah dan jalur yang terdampak, Pertamina akan menyiapkan dan menggunakan jalur alternatif yang ada.

“Pagi ini penyaluran BBM dan LPG dari TBBM dan Depot LPG Panjang dilakukan seperti biasanya, tidak ada penyesuaian. Karenanya kami harapkan masyarakat tidak perlu khawatir, kami akan memastikan kebutuhan energi tetap tersalurkan,” tambah Rifky.

Untuk SPBU, tercatat ada empat SPBU yang berlokasi di daerah yang berpotensi terdampak erupsi Krakatau dan pasang surut yang terjadi.

Saat ini, SPBU tersebut dalam kondisi aman dan tidak terdapat kerusakan, untuk memastikan kualitas, tanki juga sudah dilakukan pengecekan agar tidak ada BBM yang tercampur air.

Khusus LPG, seluruh agen dan pangkalan di jalur distribusi juga terus dilakukan pengecekan.

Setidaknya ada dua fasilitas Pertamina di Lampung, yakni Terminal BBM dan Depot LPG di Panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News