Pastikan tak Ada Kaitan dengan Isu Panama Papers

Pastikan tak Ada Kaitan dengan Isu Panama Papers
Moermahadi Soerja Djanegara (kedua kanan) dan Bahrullah Akbar (kanan), ketua dan wakil ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2017-2022 saat diambil sumpahnya di Gedung MA, Jakarta, Rabu (26/4). FOTO: MIFTAHULHAYAT/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Moermahadi Soerja Djanegara dan Bahrullah Akbar resmi menduduki kursi ketua dan wakil ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Keduanya sudah menjalani sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung (MA) Rabu (26/4).

Sebelumnya, kedua pejabat BPK itu terpilih secara aklamasi dalam sidang BPK Jumat (21/4). Dengan jabatan baru yang diemban, mereka berjanji bakal terus berupaya meningkatkan kinerja BPK.

Moermahadi memastikan bahwa pergantian ketua BPK dari Harry Azhar Aziz kepada dirinya tidak berkaitan dengan isu panama papers.

”Nggak ada (kaitan dengan panama papers),” kata dia menegaskan. Moermahadi menjelaskan, pergantian ketua BPK sesuai ketentuan yang sudah disepakati oleh komisioner BPK pada 2014. ”Memang itu terobosan. Kami bikin 2,5 tahun,” jelasnya.

Saat ketentuan itu dibuat, sembilan komisioner BPK sepakat masa jabatan ketua dan wakil ketua badan tersebut tetap lima tahun.

Namun, mereka boleh mengevaluasi kinerja ketua dan wakil ketua BPK setelah melalui setengah masa jabatan. Serupa yang berlaku di Mahkamah Konstitusi (MK). ”MK itu 2,5 tahun,” ujarnya.

”Kami lakukan itu. Jadi, nggak ada sangkut pautnya dengan itu (panama papers),” tambah dia.

Moermahadi Soerja Djanegara dan Bahrullah Akbar resmi menduduki kursi ketua dan wakil ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News