Patbo Super Sukses Bantu Sawah Tadah Hujan

Patbo Super Sukses Bantu Sawah Tadah Hujan
Penggunaan Patbo Super untuk sawah tadah hujan. Foto: dok. Kementan

jpnn.com, SUMEDANG - Kegiatan peningkatan IP-Padi pada lahan sawah tadah hujan dengan teknik budidaya Patbo Super dilakukan di kelompok tani Sri Mekar Jaya Desa Keboncau, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jabar.

Setiap tahun di kawasan tersebut sebelumnya IP hanya satu kali maksimal dua kali dalam satu tahun karena air tidak tersedia.

Kondisi lahan sawah pada Juni, Juli dan Agustus hingga September sudah retak-retak, maka selama itu biasanya lahan dibiarkan.

Tapi dengan Patbo Super bisa tanam menjadi tiga kali dalam setahun.

Respons masyarakat petani di Ujungjaya cukup tinggi sehingga dengan swadaya melaksanakan penanam padi secara Patbo Super ini seluas 20 hektar bersamaan demplot BPTP Balitbangtan Jawa Barat seluas 10 hektar.

Teknologi Patbo Super ini menitikberatkan mengenai pentingnya budidaya padi hemat air hingga 75%.

Patbo adalah singkatan dari Padi Aerob Terkendali dengan Penggunaan Bahan Organik.

Patbo Super merupakan paket teknologi budidaya padi spesifik lahan tadah hujan dengan basis manajemen air dan penggunaan bahan organik untuk menghasilkan produktivitas tinggi serta potensi peningkatan Indeks Pertanaman (IP).

Kegiatan peningkatan IP-Padi pada lahan sawah tadah hujan dengan teknik budidaya Patbo Super dilakukan di kelompok tani Sri Mekar Jaya Desa Keboncau,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News