PD Pengin Usung AHY jadi Capres, Mbak Wiwiek: Tapi Perlu Diingat…

PD Pengin Usung AHY jadi Capres, Mbak Wiwiek: Tapi Perlu Diingat…
Pengamat politik LIPI Siti Zuhro. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Siti Zuhro angkat bicara terkait keinginan sebagian kader Partai Demokrat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden pada Pemilu 2019 mendatang.

Menurut peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini, Indonesia memerlukan suksesi yang berjalan secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Artinya, pemilu serentak penting mensyaratkan calon yang benar-benar berkualitas untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Jadi siapa pun bisa mencalonkan diri selama memenuhi kriteria untuk dipilih rakyat. Tapi perlu diingat, populer dan punya partai pengusung saja tak cukup," ujar Siti kepada JPNN, Jumat (23/6).

Calon presiden, menurut wanita yang akrab disapa Mbak Wiwiek ini, sangat penting memiliki integritas, kompetensi, kapasitas dan kepemimpinan yang diakui rakyat.

"Artinya, untuk menjadi pemimpin yang memenuhi kriteria, para calon harus menunjukkan pengalaman hidup yang bisa diterima rakyat," ucapnya.

Bukan sebaliknya, calon yang diusung kata Mba Wiwiek, malah menimbulkan resistensi publik. Karena calon dianggap tak layak untuk diusung menjadi calon presiden dan calon wakil presiden.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PD Agus Hermanto mengatakan, beragam aspirasi disuarakan masyarakat saat berkeliling Indonesia, khususnya dari para kader PD. Mereka menginginkan agar AHY menjadi next leader.

Pengamat Politik Siti Zuhro angkat bicara terkait keinginan sebagian kader Partai Demokrat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News