Pelabuhan Pulau Baai Diharapkan Jadi Gerbang Eksport Import

Pelabuhan Pulau Baai Diharapkan Jadi Gerbang Eksport Import
Acara pertemuan dan konsolidasi pelaku usaha CPO dan kopi bersama pelaksana tugas (Plt) Gubernur Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin (21/8). Foto IST

jpnn.com, BENGKULU - Instruksi gubernur plt Bengkulu Rohidin Mersyah terkait optimalisasi pelabuhan pulau Baai Bengkulu diberikan agar semua stakeholders menggunakan jalur Laut.

Sebab dengan menggunakan jalur laut, waktu akan lebih singkat, cost logistik terpangkas 40 persen, dan barang lebih safety dibanding darat.

Hal itu disampaikan dalam acara pertemuan dan konsolidasi pelaku usaha CPO dan kopi bersama pelaksana tugas (Plt) Gubernur Rohidin Mersyah yang diselenggarkan oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Senin (21/8).

Guna Meningkatkan nilai tambah produk dan peluang pasar komoditas perkebunan, eksport komoditas pertanian dan tambang menjadi pilihan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Bengkulu.

Dia engatakan, pintu keluar masuk terhadap komoditas produksi Bengkulu harus berada pada kontrol pemerintah dan pelaku usaha memanfaatkan infrastruktur strategis yang ada.

Pelabuhan Pulau Bai diharapkan menjadi gerbang eksport import, sehingga komoditas pertanian Bengkulu langsung didistribusikan tanpa melalui daerah tetangga.

Selain keuntungan petani bertambah, dampaknya Bengkulu mendapatkan nama sebagai aktor dan pelaku eksport.

“Saya melihat potensi Pulau Baai pintu masuk eksport-import peluangnya besar sekali, CPO dan kopi kita pastikan pintu keluarnya adalah Pulau Baai. Dengan begini nilai tambah petani akan naik neraca belanja eksport-import akan positif ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pulau Baai siap untuk melaksanakan peran itu itu dan jika petani juga siap akan muncul pelaku usaha baru,” kata Rohidin.

Instruksi gubernur plt Bengkulu Rohidin Mersyah terkait optimalisasi pelabuhan pulau Baai Bengkulu diberikan agar semua stakeholders menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News