Pelajar dan Mahasiswa Sasaran NII

Pelajar dan Mahasiswa Sasaran NII
Sukanto dan Pengamat Dunia Islam Zuhairi Misraw dalam sebuah diskusi diJakarta. Foto : Arun Gendun
JAKARTA – Mantan anggota NII KW 9 Sukanto menegaskan kalangan pelajar dan mahasiswa berpotensi menjadi anggota NII. "Karena mereka memang menjadi orientasi utama NII dalam perekrutan anggotanya," kata Sukanto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (4/5). Sukanto menambahkan, sebenarnya bukan hanya pelajar dan mahasiswa saja yang menjadi target NII, tetapi juga semua lapisan masyarakat.

Menurutnya pelajar dan mahasiswa mempunyai jaringannya banyak untuk bisa merekrut teman-temannya dan mampu menjadikan orang tuanya sebagai sumber keuangan atas nama pendidikan.Sukanto menjelaskan Ideologi NII kini telah pudar dengan sendirinya karena orientasinya permasalahan islam dikesampingkan. “Ideologi hanya sebagai perekat dan pelegitimasi, sementara orientasinya hanya finansial.” ungkapnya.

Salah satu pola penggalangan dana NII adalah dengan menyebar orang-orang yang berada di depan ATM, SPBU dengan membawa proposal. “Itu miliaran dananya,” paparnya. Mengenai NII Crisis Center Sukanto menjelaskan, NII Crisis Center dibentuk karena tidak ada kepedulian pemerintah terhadap gerakan NII. Pada tahun 2001 mantan-mantan anggota NII berkumpul dengan maksud memberi masukan terhadap pemerintah mengenai gerakan NII namun tak ada respon sama sekali dari pemerintah.

Akhirnya pada tahun 2007 NII Crisis Center dibentuk dan bahkan telah membuat website sebagai sosialisasi kepada masyarakat. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab moral kami (mantan anggota NII) agar masyarakat jangan sampai mengikuti ajaran NII, apalagi anak-anak.” Pungkasnya. Kalaupun ada yang sudah terlanjur masuk, NII Crisis Center akan membantu untuk mengeluarkan, mencari bagi yang hilang dan membantu merehabilitasi.

JAKARTA – Mantan anggota NII KW 9 Sukanto menegaskan kalangan pelajar dan mahasiswa berpotensi menjadi anggota NII. "Karena mereka memang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News