Peluncuran Gerakan Indonesia Bersih, Identitas Nasional Aksi Bersih dan Pengelolaan Sampah

Peluncuran Gerakan Indonesia Bersih, Identitas Nasional Aksi Bersih dan Pengelolaan Sampah
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan saat peluncuran Gerakan Indonesia Bersih. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Bertempat di panggung utama area Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia, dilaksanakan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Staf Ahli Menteri LHK Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Laksmi Wijayanti, mewakili Menteri LHK.

Acara Gerakan Indonesia Bersih yang sekaligus menjadi identitas nasional semua kegiatan aksi bersih atau peduli sampah ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama KLHK sebagai pelaksana teknis hariannya.

Ini diluncurkan pertama kalinya kepada publik sebagai bentuk ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar setiap individu bisa bergerak bersama untuk lebih peduli mengurangi produksi sampah dan mengelola sampah harian mereka dengan baik. 

“Gerakan Indonesia Bersih ini adalah gerakan kita bersama, tidak bisa kita pungkiri bahwa adalah tanggung jawab kita semua untuk menjaga Indonesia bersih. Apalagi program pengelolaan sampah menjadi program pemerintah yang sangat penting yang harus dilakukan secara terpadu oleh semua pihak, selain itu yang penting adalah pengelolaan sampah harus memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan serta harus dapat mengubah perilaku masyarakat,” tutur Luhut B. Pandjaitan dalam acara tersebut di Jakarta, Minggu (28/04)

Menjadi salah satu negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya kelautan dan perikanan termasuk potensi wisata yang sudah menjadi tujuan wisata dunia.

Di sisi lain, Indonesia juga berhadapan dengan masalah sampah plastik yang sudah mencemari laut dan berdampak merusak ekosistem laut.

Melihat kondisi ini, sudah saatnya seluruh lapisan masyarakat menyadari dampak dari penggunaan plastik yang dipakai sehari-hari dan bertindak.

Sejumlah organisasi, komunitas dan individu dari berbagai kalangan yang hadir pada acara peluncuran hari ini menyadari bahwa pencemaran sampah plastik semakin tidak terkendali akibat gaya hidup masyarakat yang serba instan dan tidak bertanggung jawab.

Diberikan edukasi yang bermanfaat dan konsisten agar masyarakat lebih sadar lagi untuk peduli pada masalah sampah dan mau untuk mengambil langkah nyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News