Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport Capai 30 Persen

Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport Capai 30 Persen
Bandara Kulon Progo. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo saat ini terus dikebut. Menteri Perhubngan Budi Karya Sumadi menjelaskan progres pembangunan bandara secara menyeluruh telah mencapai 30 persen.

“Secara menyeluruh itu kurang lebih sudah 30 persen tapi kalau untuk yang April (2019) kira-kira sudah 60 persen,” ujar Budi.

Terkait akses pendukung bandara, Budi mengatakan, telah disiapkan sejumlah skenario, seperti pembangunan infrastruktur kereta api menuju Bandara NYIA yaitu dengan dibangunnya jalur KA baru dari Desa Kedundang ke arah NYIA sejauh kurang lebih 3-5 kilometer.

"Sambil menuggu pembangunan jalur KA baru selesai, akan menggunakan jalur KA eksisting dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo dan akan disiapkan shuttle bus untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Wojo ke bandara NYIA," tutur dia.

Selain kereta bandara, mantan dirut AP II ini berencana mengintegrasikan kereta-kereta jarak jauh yang juga akan berhenti di stasiun kereta bandara. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang akan melakukan ibadah Umroh melalui bandara ini.

Selain skenario tersebut, ada rencana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun jalan tol yang menghubungkan hingga Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah semakin menambah aksesibilitas dari dan ke NYIA.(chi/jpnn)


Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) saat ini terus dikebut.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News