Pembentukan Dinas Ini Dukung Program Sejuta Rumah

Pembentukan Dinas Ini Dukung Program Sejuta Rumah
ILUSTRASI. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pembentukan dinas yang mengurusi masalah perumahan di daerah diharapkan bisa mendorong pelaksanaan pembangunan hunian bagi masyarakat dalam Program Satu Juta Rumah. Untuk itu, dukungan pemerintah daerah untuk membentuk Dinas Perumahan sangatlah diperlukan.

"Dinas yang menangani masalah perumahan dan infrastruktur di daerah juga diperlukan," ujar Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Selasa (10/1).

Syarif menjelaskan, salah satu dasar pembentukan Dinas Perumahan adalah sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Selain itu, masalah perumahan saat ini juga menjadi salah satu kewajiban yang harus mendapat perhatian khusus dari Pemda.

"Pemda juga berkewajiban untuk menangani masalah perumahan di daerahnya masing-masing. Sebab Pemda yang tahu berapa kebutuhan dan penanganan masalah perumahan bagi masyarakatnya," terangnya.

Ke depan, Syarif berharap dinas-dinas perumahan yang telah terbentuk bisa menjalin kerja sama lintas sektor dengan bidang terkait di Kementerian PUPR lainnya seperti Cipta Karya, Binas Marga, Pengairan, dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Selain itu, Pemda juga perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten, semangat kerja baik, dan memiliki integritas sebagai pelaksana program penyediaan perumahan.(esy/jpnn)

Pembentukan dinas yang mengurusi masalah perumahan di daerah diharapkan bisa mendorong pelaksanaan pembangunan hunian bagi masyarakat dalam Program


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News