Pembobol Mesin ATM Jaringan Bulgaria, Begini Modusnya

Pembobol Mesin ATM Jaringan Bulgaria, Begini Modusnya
Para pelaku (duduk) di ruangan penyidik Polres Lombok Utara, Sabtu lalu (16/9). Foto: Polres KLU for Radar Lombok

jpnn.com, LOMBOK UTARA - Polisi berhasil mengungkap kasus pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang melibatkan tiga warga Bulgaria.

Mereka adalah Velev (44 tahun), Stanco (39 tahun) dan Mitko (43 tahun). Ketiga pria itu ditangkap polisi di depan salah satu hotel di Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB, sekitar pukul 07.10 Wita, Sabtu lalu (16/9).

“Pengungkapan kasus pembobolan ATM BRI ini sesuai laporan yang kami terima pada tanggal 2 Agustus lalu,” ungkap Kapolres Lombok Utara melalui Kasat Reskrim AKP Kadek Metria kemarin.

Polisi sudah melakukan pengintaian selama dua hari setelah mendapatkan informasi keberadaan pelaku di Gili Trawangan.

“Tanpa ada perlawanan, dua pelaku kami amankan ke tempat penginapan untuk melakukan pengembangan pelaku lainnya,” terang mantan Sat Narkoba Polres Lombok Barat ini.

Sehari sebelum ditangkap, pelaku beraksi di mesin ATM BRI di Gili Trawangan. Pelaku mencongkel mesin ATM dan memasang alat perekam data (skimmer).

Para pelaku memiliki tugas-tugas masing. Velev bertugas melakukan pengawasan di luar dan Stanco bertugas membobol mesin ATM BRI.

“Pada saat penangkapan itu pelaku akan mengambil kembali rekaman alat yang sudah dipasang pada mesin ATM,” jelasnya.

Tiga warga Bulgaria pembobol mesin ATM ini memiliki tugas-tugas masing. Velev bertugas melakukan pengawasan di luar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News