Pembuat Hoaks Sungguh Bernyali, Berani Edit Foto Pasukan Kopassus

Pembuat Hoaks Sungguh Bernyali, Berani Edit Foto Pasukan Kopassus
Hoaks. Foto: ist/pembuat hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Bisa dibilang, pembuat dan penyebar hoaks yang satu ini mungkin punya nyali setara Spider-Man.

Bagaimana tidak, dia berani membuat dan menyebarkan hoaks tentang pasukan elite, Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Foto anggota Kopassus diedit sedang bersama anggota FPI. Dibuat seolah-olah berada di acara HUT Kopassus.

Dalam sejumlah akun media sosial, tersebar tiga foto hoaks mengenai Kopassus. Salah satu di antara tiga foto itu menunjukkan seorang anggota FPI yang duduk di kursi undangan. Di sebelah-sebelahnya, ada tentara yang menggunakan PDH (pakaian dinas harian).

Dalam foto kedua, tampak lokasi yang sama. Tapi, objeknya adalah seorang anggota FPI yang berdiri dengan diapit beberapa prajurit TNI.

Mereka terlihat seperti menyanyikan lagu kebangsaan. Foto terakhir menunjukkan tiga prajurit Kopassus sedang berfoto bersama seorang anggota FPI.

Dalam foto itu disebutkan, anggota FPI mendapatkan undangan kehormatan dalam HUT Kopassus di Cijantung tahun ini.

Foto itu banyak disebarkan, baik di media sosial maupun grup-grup chat. Ada yang dibumbui kalimat provokasi ke ormas lain.

Foto yang sepintas tampak asli itu ternyata hoaks. Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Joko Tri Hadimantoyo mengatakan, selama berdiri, Kopassus tidak pernah mengundang ormas dalam perayaan hari ulang tahun (HUT).

Bisa dibilang, pembuat dan penyebar hoaks yang satu ini mungkin punya nyali setara Spider-Man.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News