Pembubaran Ormas Butuh Anggaran Rp 5 Miliar

Pembubaran Ormas Butuh Anggaran Rp 5 Miliar
Wiranto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengajukan anggaran pembubaran ormas ke Badan Anggaran (Banggar) DPR yang nilainya mencapai Rp 5 miliar.

Sayang, duit sebesar itu belum jelas akan digunakan untuk membubarkan ormas apa saja.

Pengajuan anggaran itu disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto dalam rapat bersama banggar kemarin (8/6).

”Itu baru usulan,” terang Wiranto saat ditemui setelah rapat. Menurut dia, anggaran Rp 5 miliar tersebut akan digunakan untuk sosialisasi, rapat, dan perjalanan dinas yang akan dilakukan pemerintah.

Dia menegaskan, dana itu bukan untuk membiayai ormas, tapi untuk melakukan pembubaran. Berapa organisasi yang akan dibubarkan?

Mantan ketua umum DPP Partai Hanura itu menyatakan, saat ini ada ratusan ribu ormas. Dari jumlah itu, belum diketahui berapa organisasi yang akan dibubarkan. ”Kita masih menunggu keputusan yang lebih kuat,” papar dia.

Menurut dia, saat ini baru ada satu organisasi yang akan dibubarkan. Namun, lanjut dia, anggaran itu bukan hanya untuk satu ormas. Tentu nanti ada perkembangan.

”Organisasi yang akan dibubarkan ialah yang jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila,” ujarnya.

Pemerintah telah mengajukan anggaran pembubaran ormas ke Badan Anggaran (Banggar) DPR yang nilainya mencapai Rp 5 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News