Pemda Sudah Punya Pemahaman Bagus Cegah Radikalisme

Pemda Sudah Punya Pemahaman Bagus Cegah Radikalisme
Suhardi Alius. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Para pemimpin daerah menyambut positif inovasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius yang dua kali memberikan paparan tentang radikalisme dan terorisme.

Bahkan, para pemimpin daerah itu secara langsung meminta BNPT segera menindaklanjuti dengan mengirim tim ke daerah.

Mereka berharap tim itu memberikan panduan dan pelatihan bagi para petugas terkait di masing-masing daerah.

“Responsnya sangat luar biasa. Kami menyambut baik permintaan dan akan turun ke daerah untuk memberikan panduan kepada mereka agar pencegahan terorisme ini bisa lebih membumi,” ujar Suhardi, Rabu (28/11).

Mantan kapolda Jawa Barat itu mengaku mengajak seluruh kepala daerah untuk merawat situasi kondusif yang ada sekarang ini.

Menurut dia, hal itu penting karena kondisi kondusif seperti saat ini bisa dirusak dalam tempo singkat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti penganut radikalisme dan terorisme.

“Pemerintah daerah sudah mempunyai pemahaman yang baik sehingga akan memudahkan upaya pencegahannya. Namun, ke depan sinergi ini harus lebih kuat lagi,” tambah mantan Kabareskrim Polri itu.

Menurut Suhardi, peran kepala daerah sangat signifikan dalam membantu tugas BNPT menangani terorisme, terutama terhadap mantan teroris.

Para pemimpin daerah menyambut positif inovasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News