Pemda Targetkan 1.000 Rumah Selesai hingga Februari 2018

Pemda Targetkan 1.000 Rumah Selesai hingga Februari 2018
Pemukiman Musi Bercorak diharapkan jadi wajah baru Kota Palembang. Ada sekitar 1.000 rumah yang ditargetkan akan menjadi lebih berwarna, dengan pengerjaan hingga Februari 2018 nanti. Foto: sumateraekspres/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang bakal menghadirkan sebuah Pemukiman Musi Bercorak yang diharapkan ke depannya bisa menjadi wajah baru kota.

Ada sekitar 1.000 rumah yang ditargetkan akan menjadi lebih berwarna, dengan pengerjaan hingga Februari 2018 nanti di tepian Sungai Musi wilayah Seberang Ulu (SU), mulai dari Kelurahan 7 Ulu, 3-4 Ulu, hingga 1 Ulu, Kecamatan SU I.

Puluhan ribu kaleng cat akan dihabiskan dalam proyek ini. Tak hanya dinding rumah, melainkan pula bagian atap yang akan diberi corak yang beragam. Menggandeng pihak ketiga, upaya ini juga menjadi salah satu langkah meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

“Tak lepas dari dukungan komunitas dan PT Propan, untuk menjadi destinasi pariwisata baru Kota Palembang. Kita semua berharap membawa semangat dan peningkatan pada ekonomi kerakyatan di kawasan sekitar,” kata Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, saat meresmikan Pemukiman Musi Bercorak, hari ini (25/5).

Dalam pengertian, warga yang rumahnya dicat, akan lebih kreatif lagi mendukung program pemerintah. Menyediakan souvenir, termasuk kuliner. Sebab, dengan cara ini, juga menjadi cara untuk mengentaskan kawasan kumuh dan kemiskinan.

“Ini salah satu caranya. Tidak hanya mengetnaskan, tapi juga memberikan peluang bagi mereka untuk berusaha dan terlibat dalam pembangunan,” terang Harnojoyo.

Pantauan Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) ini, Wako Harnojoyo ikut turun mengecat rumah rakit dan panggung di tepian Sungai Musi. Rata-rata rumah terbuat dari kayu, dicat mulai dari dinding, pagar, hingga atap seng. Pejabat lainnya yang turut serta mengecat warna-warni, Kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani, Kepala Dinas Kebudayaan Sudirman Tegoeh, dan lainnya.

Marketing Director PT Propan Raya, Yuwono Imanto, mengungkapkan, untuk tahap pertama sudah lebih dari 300 kaleng cat yang disiapkan untuk pengecatan rumah di kawasan tepian Musi ini. Akan terus berlanjut, hingga target 1.000 rumah berhasil dituntaskan. Perkiraannya, sampai ribuan kaleng cat dibutuhkan untuk mencukupi hal tersebut.

Pemerintah Kota Palembang bakal menghadirkan sebuah Pemukiman Musi Bercorak yang diharapkan ke depannya bisa menjadi wajah baru kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News