Pemenang Pemilu di Filipina Ditentukan Lempar Koin, yang Kalah Legawa

Pemenang Pemilu di Filipina Ditentukan Lempar Koin, yang Kalah Legawa
Lempar koin menentukan pemenang pemilu di Filipina. Ilustrasi: Pixabay

jpnn.com, ARACELI - Menentukan pemenang lewat lempar koin dalam pertandingan olahraga mungkin biasa terjadi. Tapi, bagaimana kalau dilakukan untuk menentukan pemenang pemilu? Itu beneran terjadi di Araceli, Filipina.

Pemilihan wali kota Araceli sebenarnya berlangsung demokratis. Komisi pemilihan menggelar pemungutan suara untuk penantang Sue Cudilla dan petahana Noel Beronio. Tapi, setiap kandidat memperoleh 3.495 suara. Sama persis.

BACA JUGA: Tuding Petahana Curang, Oposisi Australia Tetap Legawa Mengaku Kalah

Kedua calon pun sepakat untuk lempar koin. Beronio memilih sisi ekor dan Cudilla sisi kepala. Hasilnya, gambar yang terbuka adalah kepala. ''Terima kasih atas doa-doa semua penduduk," ujar Cudilla.

Uniknya, Filipina sudah beberapa kali melakukan lempar koin untuk menentukan pemenang pemilu. Kepala Komisi Pemilu Filipina Luie Tito Guia mengatakan, lempar koin juga pernah dilakukan pada 2016. (bil/c18/fal)


Menentukan pemenang lewat lempar koin dalam pertandingan olahraga mungkin biasa terjadi. Tapi, bagaimana kalau dilakukan untuk menentukan pemenang pemilu? Itu beneran terjadi di Araceli, Filipina.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News