Pemerintah Harus Beresi Data Penerima Subsidi Listrik

Pemerintah Harus Beresi Data Penerima Subsidi Listrik
Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com -  JPNN.Com - Ketua Kelompok Komisi VII (Kapoksi VII) Fraksi PKS DPR Rofi Munawar meminta pemerintah lebih cermat dalam menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Menurutnya, ada hal penting yang perlu dilakukan pemerintah sebelum menaikkan TDL.

Rofi mengatakan, pemerintah perlu melakukan pendataan ulang terhadap golongan rumah tangga mampu pelanggan listrik berdaya 900 VA penerima subsidi (R-1/900 VA-RTM) yang jumlahnya mencapai 18,9 juta‎. Dengan begitu, kenaikan tersebut sesuai sasaran dan tidak menambah beban konsumsi masyarakat.

“Kenaikan tarif dasar listrik untuk golongan berkategori mampu 900 VA harus didukung data yang dapat dipertanggungjawabkan, karena secara teknis membutuhkan pemilahan yang cermat antar golongan yang mampu dan tidak mampu. Ada baiknya pemerintah merumuskan dan memvalidasi kembali data yang ada,” ujarnya di Jakarta, Kamis (5/1).

Sebagai informasi, jumlah pelangan listrik berdaya 900 VA hingga Desember 2016 mencapai 23 juta. Seluruhnya masih disubsidi.

Padahal, pemerintah mengidentifikasi masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi miskin dan rentan miskin golongan 900 VA hanya 4,1 juta. Sehingga ada sekitar 18,9 juta pelanggan 900 VA yang tidak masuk dalam kategori tersebut atau mampu.

Lebih lanjut Rofi mengatakan, pemerintah harus secara serius mendata ulang pelanggan yang benar-benar kurang mampu berdasarkan basis data terpadu (BDT) yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pendataan itu demi memastikan rumah tangga yang memang benar-benar berhak menerima subsidi.

Rofi menyarankan pemerintah menugaskan PLN mendatanya. PLN bisa berkoordinasi dengan unit-unitnya di seluruh Indonesia dan jajaran pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.

“Pendataan hanya akan dilakukan oleh pegawai PLN yang membawa surat tugas dari PLN Pusat,” ujar legislator asal Jawa Timur itu.

 JPNN.Com - Ketua Kelompok Komisi VII (Kapoksi VII) Fraksi PKS DPR Rofi Munawar meminta pemerintah lebih cermat dalam menaikkan tarif dasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News