Pemerintah Perhatikan Transgender

Pemerintah Perhatikan Transgender
Pemerintah Perhatikan Transgender
JAKARTA - Terus bertambahnya jumlah waria menjadi perhatian tersendiri bagi Kementerian Sosial (Kemensos). Sejumlah program dan bantuan mulai diberikan kepada transgender tersebut. Tahun ini, kaum waria mendapatkan bantuan UEP, bantuan bimbingan keterampilan, bantuan operasional LKS dengan jumlah total Rp 356 juta. Di samping itu juga diserahkan bantuan tambahan biaya pemenuhan kebutuhan dasar waria sebesar Rp 87,6 juta.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan, pada hakekatnya para waria juga membutuhkan penanganan dan perhatian sebagai upaya membangun serta mengembangkan kemandirian mereka. Sehingga kaum minoritas tersebut dapat hidup normal dalam melakukan aktivitas di tengah–tengah masyarakat. "Pertemuan kali ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap waria," ujar Salim saat sambung rasa di Panti Bina Insan Cipayung, Jakarta.

Sambung rasa dengan waria ini baru pertama kali dilakukan kementerian yang sembar "dibubarkan" saat era Presiden Abdurrahman Wahid. Sebanyak 750 orang waria yang tergabung dalam Forum Komunikasi Waria Indonesia (FKWI) tersebut berasal dari lima wilayah di Jakarta.

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Sonny W. Manalu menjelaskan, pertemuan dalam bentuk sambung rasa tersebut dilakukan sebagai upaya membangkitkan motivasi dan semangat hidup bagi waria. Diharapkan para waria dapat melakukan perbaikan hidup khususnya menghindari prilaku yang menyimpang secara sosial di tengah masyarakat.

JAKARTA - Terus bertambahnya jumlah waria menjadi perhatian tersendiri bagi Kementerian Sosial (Kemensos). Sejumlah program dan bantuan mulai diberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News