Pemerintah Siapkan Beasiswa Difabel dan Atlet Berprestasi bagi Mahasiswa Baru

Pemerintah Siapkan Beasiswa Difabel dan Atlet Berprestasi bagi Mahasiswa Baru
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menambah dua beasiswa baru bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi pada 2019.

Yakni, Beasiswa Difabel dan Beasiswa Atlet Mahasiswa Berprestasi. Beasiswa Difabel ditujukan kepada mahasiswa baru penyandang disabilitas.

Sementara itu, Beasiswa Atlet Mahasiswa Berprestasi menyasar mahasiswa baru yang masuk program studi keolahragaan.

Selain itu, Kemenristekdikti juga memutuskan menambah penerima beasiswa Bidikmisi dari 90 ribu pada 2018 menjadi 130 ribu pada 2019.

Kemenristekdikti juga meningkatkan biaya hidup Bidikmisi dari Rp 600 ribu menjadi Rp 700 ribu per bulan pada tahun ini.

"Beasiswa Difabel dan Beasiswa Atlet Mahasiswa Berprestasi merupakan program keberpihakan Kemenristekdikti untuk peningkatan dan pemerataan akses kuliah di perguruan tinggi,” ungkap Menristekdikti Mohamad Nasir, Jumat (15/3).

Menteri Nasir menambahkan, Undang Undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengamanatkan perguruan tinggi negeri (PTN) harus menerima mahasiswa dari kalangan tidak mampu dan daerah 3T minimal 20 persen dari daya tampung.

Sejauh ini Kemenristekdikti baru dapat mengalokasikan delapan persen dari beasiswa kepada mahasiswa.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menambah dua beasiswa baru bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi pada 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News