Pemerintah Siapkan Rp8,9 T untuk UKM

Pemerintah Siapkan Rp8,9 T untuk UKM
Pemerintah Siapkan Rp8,9 T untuk UKM
JAKARTA— Pemerintah merencanakan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp8,9 triliun pada APBN-P 2010. Rencana PMN kali ini akan diberikan kepada lima instansi BUMN. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan, PMN yang akan diusulkan pemerintah tersebut lebih difokuskan kepada infrastruktur dan peningkatan perekonomian Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Kami merencanakan memberi penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp2 Triliun di LPEI, PT PII sebesar Rp1 triliun, PT SMI sebesar Rp1,8 triliun, PT Askrindo dan Perum Jamkrindo sebesar Rp1,8 triliun dan dana bergulir pengadaan tanah melalui BPJT Rp2,3 Triliun," jelas Agus Martowardojo dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (25/8).

PMN untuk PT Pembiayaan Eksport Indonesia (PEI), dijelaskan Agus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan eksport dalam rangka menunjang eksport nasional. PMN untuk PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), diharapkan dapat memberikan penjaminan kepada Bank Swasta sehingga bisa bekerjasama dengan Pemerintah guna membangun sarana infrastruktur.

Sementara PMN untuk PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp1,8 Triliun diharapkan dapat memberi ruang ruang gerak perseroan dalam pembiayaan infrastruktur dan pengembangan Public Private Partnership (PPP) menjadi lebih fleksibel.

JAKARTA— Pemerintah merencanakan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp8,9 triliun pada APBN-P 2010. Rencana PMN kali ini akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News