Pemko Ngotot Kembalikan Pengelolaan Sampah ke Swasta

Pemko Ngotot Kembalikan Pengelolaan Sampah ke Swasta
Ilustrasi. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com - Pernah gagal pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersikeras untuk mengembalikan pengelolaan sampah kepada pihak swasta.

Rencana tersebut terus dikemukan oleh Pemko. Terlebih pada saat ini volume sampah yang dihasilkan warga Pekanbaru terus mengalami peningkatan.

Pada rapat tertutup yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dengan Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, solusi penanganan sampah ke depan mau tidak mau harus dikerjasamakan dengan pihak ke 3.

Seperti yang disampaikan Kadis LHK Zulfikri kepada Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini, Rabu (31/5).

“Tadi itu ekspose bagaimana menghadapi sampah ke depan. Saya sampaikan apa adanya. Permasalahan dan apa solusinya. Contoh dengan kondisi sampah saat ini. Dimana volume sampah berkisar di 600 sampai 700 ton sehari. Sedangkan armada hanya 60 unit. Ritasi 2 atau 3 sehari. Yang masuk ke TPA hanya 53 TON," sebut Zulfikri usai rapat.

Dia juga menyampaikan, jika sampah yang masuk ke TPA hanya mencapai 53 ton dalam sehari maka jumlah yang tersisa jauh lebih besar dibanding yang terangkut.

Maka dari itu solusi awal adalah penambahan armada pengangkut sampah. Dari perhitungan pihaknya, dengan volume sampah sebanyak itu maka DLHK masih kekurangan armada sekitar 100 unit angkutan.

Jika tidak memungkinkan untuk penambahan armada lantaran keterbatasan anggaran maka solusi selanjutnya adalah menyerahkan pengelolaan sampah kepada pihak 3.

Pernah gagal pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersikeras untuk mengembalikan pengelolaan sampah kepada pihak swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News