Pemuda dari 33 Provinsi Dikirim ke Palu

 Pemuda dari 33 Provinsi Dikirim ke Palu
Kawasan Petobo Palu usai gempa. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, PALU - Puluhan pemuda berpakaian adat dari 33 provinsi dikirim untuk berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk menjadi relawan.

 Mereka adalah peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN). Para pemuda itu berkumpul di halaman Monumen Kapal Selam (Monkasel) pada Sabtu (27/10).  

Setelah pembukaan di tempat itu, mereka akan langsung Pelaksanaan KPN tahun ini terkesan berbeda.

Agenda rutin dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut biasanya difokuskan untuk promosi wisata daerah masing-masing.

"Harusnya tahun ini Sail Moyo Tambora ke NTB. Tapi, karena sama-sama terkena bencana, Pak Menteri (Imam Nahrawi, Red) meminta dialihkan ke Palu," ujar Koordinator KPN 2018 Gadri Attamimi.

Bentuk pelaksanaannya sedikit berbeda. Selain mempromosikan wisata, peserta KPN tahun ini akan bertugas menjadi psikiater dadakan untuk korban bencana.

Sepanjang perjalanan menuju Palu, mereka akan diberi pelatihan trauma healing. Kemudian, ilmu mereka akan dipraktikkan untuk menghilangkan trauma para korban.

Total ada 99 peserta dari 33 provinsi. Tiap daerah mengirimkan tiga wakil terbaiknya. Provinsi Papua Barat tidak mengirimkan perwakilan.

Tiap daerah mengirimkan tiga wakil terbaiknya untuk jadi relawan ke Palu dengan total ada 99 peserta dari 33 provinsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News