Pemudik Diimbau Menyeberang Sebelum Waktu Puncak Arus Balik

Pemudik Diimbau Menyeberang Sebelum Waktu Puncak Arus Balik
ASDP. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, KETAPANG - Memasuki H+3 angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 atau Jumat (28/12), trafik penumpang dan kendaraan di sejumlah pelabuhan penyeberangan terpantau mulai mengalami kenaikan, khususnya di lintasan Ketapang-Gilimanuk yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan, kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang juga sangat memadai.

Untuk pola operasi normal, kapal beroperasi sebanyak 32 unit dengan kapasitas total 75.456 orang penumpang, 21.600 unit roda dua, dan 8.352 unit roda empat atau lebih.

Adapun prediksi arus puncak, untuk penumpang diperkirakan hanya mencapai 44.771 orang, 5.725 untuk unit roda dua, dan 5.414 unit untuk roda empat.

"Kapasitas yang kami sediakan sangat memadai karena untuk skenario normal saja masih melebihi dari prediksi saat puncak arus Natal dam Tahun Baru," ujar Imelda.

Cabang Ketapang juga telah menambah total 7 loket dan tollgate untuk arus Natal dan Tahun Baru ini, yakni untuk loket penumpang dari 1 menjadi 2 loket, untuk sepeda motor dari 1 menjadi 7 tollgate, serta roda empat sebanyak 4 tollgate.

"Pemudik diharapkan dapat menyeberang sebelum waktu puncak arus balik agar dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, serta terhindar dari kepadatan saat arus puncak. Tetap waspadai cuaca buruk, serta keselamatan dan keamanan baik jiwa dan kendaraan selama di perjalanan,” kata Imelda.(chi/jpnn)

 


Kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang selama libur Nataru sangat memadai.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News