Pemudik ke Jawa Punya Tiga Jalur Utama

Pemudik ke Jawa Punya Tiga Jalur Utama
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto humas Perhubungan

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Perhubungan terus mematangkan koordinasi persiapan Mudik Lebaran bersama Korlantas Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan kementerian terkait lainnya.

Dari pembahasan sementara disepakati Korlantas Polri akan memimpin koordinasi angkutan darat. Apalagi, pertumbuhan kendaraan roda dua lebih dari 10 persen. Kemudian angkutan udara ada kenaikan 9 persen.

"Khusus motor, kami harapkan mudik gratis motor dan orang sebanyak 208 ribu, itu bisa mengurangi jumlah," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat persiapan Mudik Lebaran di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (29/5).

Khusus jalur darat, ada tiga jalur utama yang diusulkan Kemenhub, yakni Pantai Utara (Pantura), Tol Cipali dan jalur selatan yang memiliki banyak alternatif.

"Kami akan rapat lagi dan meminta Basarnas siapkan heli di Cipali. Untuk kegiatan lain akan dicek satu satu. Pekan depan mungkin saya ke Soekarno-Hatta lagi, ke Merak," ujar Menhub.

Bagi pemudik jaur darat, Kemenhub mengimbau agar pemudik menggunakan ketiga jalur tersebut, sehingga tidak terkonsentrasi di Cipali saja.

"Kalau kebanyakan ke Cipali akan kami tutup, diarahkan ke utara atau selatan. Saya pikir yang jalan selatan tiga jalur sudah bagus, manfaatkan itu," pinta dia.

Penutupan jalur bila terjadi kemacetan akan dilakukan di Cipali, untuk memecah konsentrasi kendaraan pemudik ke utara atau selatan menyesuaikan kondisi di lapangan.(fat/jpnn)


Kementerian Perhubungan terus mematangkan koordinasi persiapan Mudik Lebaran bersama Korlantas Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News