Pencemar Lingkungan Mengaku Diperas Oknum

Pencemar Lingkungan Mengaku Diperas Oknum
Pencemaran sungai. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Sejumlah pengusaha di wilayah Bandung Raya diduga menjadi sasaran pemerasan oleh oknum  pemerintah. Hal ini menjadi temuan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat berdasarkan informasi yang dikumpulkan.

Kepala BPLHD Jawa Barat Anang Sudarna mengatakan, oknum tersebut memanfaatkan ulah pengusaha yang tidak baik dalam mengolah limbah yang dihasilkan.

"Kita mendapat informasi adanya pengusaha yang diganggu oleh pihak-pihak tertentu. Jadi mereka dibuat seperti ATM. Tapi tidak menyebut siapa pelakunya," kata Anang di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (9/10).

Hal ini, kata dia, mengakibatkan sulitnya penertiban limbah-limbah industri. Sebab, para pengusaha itu merasa tidak perlu mengolah limbah dengan baik karena merasa sudah membayar ke oknum-oknum tersebut.

Meski begitu, Anang belum bisa memastikan kebenaran keluhan tersebut. Hal ini bisa saja menjadi alasan terkait belum diolahnya limbah dengan baik.

"Saya enggak tahu apa itu kamuflase mereka atau benar kenyataan. Ketika kami kejar mana orangnya, mereka enggak menyampaikan bukti," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengaku akan menelusuri hal ini lebih jauh lagi. "Agar akurat, kita akan investigasi di lapangan," katanya.

Selain itu, Anang pun mendesak seluruh pihak terkait memiliki komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan di Jabar. "Ini masalah komimen penegakan hukum, disamping masalah attitude birokrasi," tegasnya.

BANDUNG - Sejumlah pengusaha di wilayah Bandung Raya diduga menjadi sasaran pemerasan oleh oknum  pemerintah. Hal ini menjadi temuan Badan Pengelolaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News