Pencemaran Kali Bekasi Semakin Parah

Pencemaran Kali Bekasi Semakin Parah
Kali Bekasi setelah tercemar dan dipenuhi busa. Foto PojokBekasi

jpnn.com, BEKASI - Kali Bekasi kini sudah sangat memprihatinkan lantaran tercemar limbah sehingga membuat warna airnya hitam dan berbau menyengat.

Kondisi ini mengancam pasokan air bersih di wilayah Kota Bekasi, karena sumber utama bahan baku air di kota tersebut adalah Kali Bekasi.

Direktur Utama PDAM Patriot Kota Bekasi Solihat Papak mengatakan, dulu Bekasi dianggap wilayah yang punya kekuatan untuk pengembangan air bersih, karena bahan bakunya tersedia.

Namun, kini malah menjadi ancaman karena limbah yang semakin parah mencemari Kali Bekasi.

“Kondisinya 2-3 tahun belakangan ini kualitas air Kali Bekasi itu luar biasa pencemarannya. Air bakunya sudah terkena limbah. Baku mutunya sudah tidak bisa diproses, karena pencemarnnya sudah sangat parah,” kata Solihat, Rabu (26/9).

Solihat mengatakan, pengelolaan air bersih di Bekasi menjadi cukup gamang. Hal itu mengingat pihaknya tidak bisa mengambil air baku langsung dari Kalimalang yang kualitas airnya lebih baik.

“Ada aturannya, kami tidak bisa langsung ambil air baku dari Kalimalang. Perum Jasa Tirta (PJT) II sebagai penanggung jawab hanya bisa mengalirkan 2.500 liter, sisanya untuk pasokan air DKI,” ungkapnya.

Solihat mengatakan, 2.500 liter dari Kalimalang itu dibagi tiga perusahaan pengolaan air, yakni PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, serta PDAM Bhagasasi Pondok Ungu dan Babelan.

Kami sedang cari solusi, baik itu zat formula untuk urai limbah itu agar bau dan kadar kimiawi dari limbah itu hilang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News