Pendaftar SBMPTN Meningkat, Persaingan Ketat

Pendaftar SBMPTN Meningkat, Persaingan Ketat
Persaingan ketat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Malang, Jatim, tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

Dipastikan, persaingan makin ketat. Terlebih, khusus yang ingin masuk Univesritas Brawijaya (UB), juga tidak ada lagi jalur mandiri dengan tes tersendiri seperti tahun lalu. Tahun ini, jalur mandiri di UB diubah dengan menggunakan hasil ujian SBMPTN.

Lalu berapa jumlah pendaftar SBMPTN yang memilih 3 PTN di Malang? Dari hasil pendaftaran yang resmi ditutup sekitar pukul 16.00, Selasa (9/5), total pendaftar SBMPTN yang memilih tiga PTN di Malang (UB, UM dan UIN) menembus angka 149.799 pendaftar.

Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Padahal untuk kuota 3 PTN di Malang hanya 10.633 kursi.

Dengan demikian, jika dihitung secara kasar, peserta yang ingin lolos harus bisa mengalahkan 14 pendaftar lainnya. Meskipun dalam praktiknya bisa kurang dan bisa lebih.

Tergantung jurusan yang dipilih, karena ada jurusan yang diminati banyak pendaftar dan ada juruan yang sepi peminat.

Kemudian, dari jumlah tersebut, pendaftar SBMPTN di UB mencapai 91.652 pendaftar. Jumlah tersebut melonjak dari tahun lalu yang hanya sekitar 80.000 orang.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 55 Malang, Prof Kusmartono sudah memprediksi lonjakan pendaftar itu sejak awal pembukaan pendaftaran SBMPTN.

Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Malang, Jatim, tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News