Pendaftaran PPDB Online SMP: Nilai Ujian Dipakai di Jalur Prestasi

Pendaftaran PPDB Online SMP: Nilai Ujian Dipakai di Jalur Prestasi
Proses PPDB 2019. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JEPARA - Pendaftaran PPDB (penerimaan peserta didik baru) 2019 online untuk jenjang SMP negeri di Jepara dimulai hari ini (17/6).

Kuota penerimaan siswa ditenentukan berdasarkan zonasi, prestasi, dan siswa pindahan. Ada lima persen kuota prestasi dari hasil akumulasi nilai ujian sekolah dan poin prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Agus Tri Harjono menjelaskan, masyarakat masih kebingungan dengan kuota lima persen jalur prestasi itu.

Pemahaman sebagain masyarakat, jalur prestasi hanya untuk siswa yang punya prestasi di luar nilai ujian. Padahal, jalur tersebut menggunakan skema penambahan nilai ujian dan prestasi.

BACA JUGA: PPDB 2019 Sistem Zonasi di Jakarta tak Berdasar Jarak Rumah ke Sekolah

”Nilai US (ujian sekolah) juga termasuk prestasi. Artinya, walaupun tidak punya prestasi, bisa mendaftar di jalur prestasi menggunakan nilai itu,” imbuhnya.

Sementara itu, PPDB online SMP negeri berlangsung tiga hari. Mulai Senin hingga Rabu (19/6). Hasil analisa peringkat disampaikan pada 21 Juni mendatang. Peringkat pendaftar ditentukan tiga jenis jalur pendaftaran. Pembagian kuota ini dibagi sesuai dengan daya tampung sekolah.

Setiap sekolah memiliki daya tampung siswa yang berbeda. Dari daya tampung yang dimiliki sekolah, 90 persen kuotanya diperuntukkan siswa berdasarkan zonasi, lima persen siswa prestasi, dan lima persen siswa pindahan.

Pendaftaran PPDB online untuk jenjang SMP negeri di Jepara dimulai hari ini hingga 19 Juni mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News