Pendaki Cilik Khansa Syahlaa Sukses Taklukkan Puncak Tertinggi Borneo

Pendaki Cilik Khansa Syahlaa Sukses Taklukkan Puncak Tertinggi Borneo
Khansa Syahlaa di puncak tertinggi Pulau Borneo, kawasan Taman Nasional Bukit Raya, Puncak Kakam, Kalimantan Tengah. Foto: ist for Radar Bogor

jpnn.com - BOGOR - Minggu (20/11), dunia memperingati Hari Anak Internasional. Bocah 10 tahun asal Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Khansa Syahlaa, punya cara tersendiri merayakannya.

Khansa bertekad menaklukan tujuh puncak gunung tertinggi (Seven Summit) di Indonesia. Hingga November ini, ia sudah menjejakkan kaki di enam puncak Nusantara.

Teranyar, Khansa menyapa anak seusianya di seluruh dunia, dari puncak tertinggi Pulau Borneo, Gunung Bukit Raya (2.278 MDPL), Kalimantan Tengah.

“Tinggalkan gadget mu, keluar dari zona Aman, lihat Indahnya Indonesia dari Puncak-Puncak gunung,”, Begitu pesan Khansa, di peringatan Hari Anak Internasional, Minggu (20/11).

Khansa sebenarnya sudah mendaki 11 gunung sejak usia delapan tahun. Diawali dengan petualangan ke Gunung Kencana dan Gunung Gede di Bogor, kemudian berlanjut ke Gunung Semeru di Jawa Timur.

Namun yang paling menarik perhatian adalah keberaniannya hingga sukses melakukan pendakian maraton pada Juli 2016 lalu ke puncak Gunung Binaiya (3027 MDPL) di Pulau Seram, Maluku dan puncak Gunung Rinjani (3726 MDPL) di Lombok, NTB.

Pendakian itu meneruskan petualangan seven summit yang lebih dahulu dilakukannya ke puncak Rantemario Gunung Latimojong (3478 MDPL) di Sulawesi Selatan dan Indrapura puncak Gunung Kerinci (3805 MDPL) di Sumatera pada usia 9 dan 10 tahun. Juga Gunung Semeru (3676 MDPL) di Jatim saat berusia 8 tahun.

Menaklukkan enam puncak gunung tertinggi rupanya belum cukup bagi siswi kelas lima SD Daar El Salam, Vila Nusa Indah Bogor, ini. Keindahan puncak Carstenzs Pyramide di Papua, kini semakin tergambar jelas di benaknya. 

BOGOR - Minggu (20/11), dunia memperingati Hari Anak Internasional. Bocah 10 tahun asal Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Khansa Syahlaa, punya cara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News