Pengakuan Anak-Anak Muda Banyuwangi Setelah Tahu Kisah Hidup Jokowi

Pengakuan Anak-Anak Muda Banyuwangi Setelah Tahu Kisah Hidup Jokowi
Jokowi dalam Ngobrol Inspiratif di Banyuwangi, Senin (26/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, BANYUWANGI - Kisah hidup Joko Widodo alias Jokowi yang penuh perjuangan meninggalkan kesan tersendiri buat generasi milenial di Banyuwangi. Jokowi berbagi cerita hidupnya dalam diskusi dengan anak-anak muda di timur Pulau Jawa itu Senin (25/3) lalu.

Dalam acara yang digelar Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) itu, Jokowi membeber perjuangan hidup. Acara tersebut bertajuk 'Kisah Inspiratif Jokowi: Dari Bisnis Mebel sampai Memajukan Negeri'.

Andreas, pengusaha muda bidang kopi, mengaku terinspirasi dengan kisah hidup Jokowi. “Saya baru tahu beliau ternyata juga membangun bisnis dari nol, jatuh bangun, sangat keras perjalanan hidupnya. Saya jadi ingat kisah saya sendiri, bahwa memang seperti kata Pak Jokowi, tidak boleh cengeng kalau mau sukses,” ujarnya, Rabu (27/3).

Andreas mengatakan, kisah inspiratif Jokowi perlu diketahui lebih banyak anak muda agar tak kenal kata menyerah dalam mewujudkan mimpi. Dia mengingat saat Jokowi menghabiskan masa kecil di perkampungan kumuh hingga diusir dari rumah bilik kontrakan di bantaran sungai karena ayahnya tak bisa membayar uang sewa. Namun, Jokowi tidak menyerah pada keadaan. Dia terus berjuang, sampai akhirnya sukses jadi presiden.

(Buka lagi: Di Hadapan Anak-Anak Muda Banyuwangi, Jokowi Buka Kisah Sedih Hidupnya)

“Ke depan jika ada tantangan bisnis pokoknya saya tidak akan mengeluh, tidak akan cengeng, karena saya akan selalu mengingat kisah hidup perjuangan Pak Jokowi,” ujarnya.

Andreas juga sangat bangga, karena Iriana Jokowi membeli produk kopi robustanya dengan brand Robicasno. “Sangat bangga sekali, Ibu Iriana langsung tertarik dengan produk best seller saya. Ibu orangnya baik. Saya mau kasih free sebagai bentuk kebanggaan saya, tetapi beliau tetap mau membayar,” ujar Andreas.

Saat itu, Iriana memang membeli tiga macam produk kopi Banyuwangi. Selain biji kopi dan kopi bubuk, Iriana tertarik dengan aksesoris kopi yang dibuat UMKM yang tergabung Asosiasi Kopi Laros Banyuwangi.

Andreas juga sangat bangga, karena Iriana Jokowi sampai meminta kartu nama, memberi semangat. Dia pengin menangis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News