Pengakuan Kiai Ma'ruf Sering Diam-diam Menyantap Makanan Pantangan

Pengakuan Kiai Ma'ruf Sering Diam-diam Menyantap Makanan Pantangan
KH Ma'ruf Amin (kiri) bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani dan Media Officer TKN Monang Sinaga di Alun-alun Wonosobo, Rabu (27/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, WONOSOBO - KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo alias Jokowi ternyata tak sepenuhnya taat pada nasihat dokter soal makanan yang jadi pantangan. Sebab, suami Wury Estu Handayani itu sesekali sering bersembunyi-sembunyi menyantap makanan yang berpotensi mengganggu kesehatannya.

Kiai Ma’ruf pula yang mengungkapkan hal itu sela safarinya di Alun-alun Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (27/3). Di kota berhawa dingin itu Kiai Ma’ruf menghadiri Harlah Nahdlatul Ulama (NU) dan Haul Akbar Al Maghfurlah KH Raden Abdul Fata yang digelar di Alun-alun Wonosobo.

Semula Nyai Wury menceritakan kondisi suaminya yang tetap sehat walau kegiatannya luar biasa padat. Menurut Wury, menjaga Kiai Ma'ruf agar tetap sehat tak sesulit yang dibayangkan.

"Yang penting minum air putih yang banyak. Istirahat cukup. Alhamdulillah bisa tidur di mobil (sepanjang perjalanan kampanye). Periksa kesehatan pagi dicek semua. Bagus kok kondisi Abah (panggilan akrab Kiai Ma’ruf, red),” kata Nyai Wury.

Baca juga: Respons Kiai Ma'ruf soal Prabowo Manfaatkan Jeda saat Azan untuk Minum Kopi

Selain itu, kata Wury, suaminya juga memiliki pantangan berupa makanan berminyak, manis dan asin. Mantan perawat itu menegaskan, suaminya cukup disiplin soal makanan.

"Selalu nurut kok sama dokter dan ibu," kata Nyai Wury sambil tersenyum.

Namun, Kiai Ma’ruf justru terkekeh ketika mendengar perkataan istrinya. Ulama kelahiran 11 Maret 1943 itu langsung menyeletuk.

KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo alias Jokowi ternyata tak sepenuhnya taat pada nasihat dokter soal makanan yang jadi pantangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News