Pengembang Properti Hanya Butuh Bunga Kredit Ringan

Pengembang Properti Hanya Butuh Bunga Kredit Ringan
Ilustrasi properti. Foto: Balikpapan Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudistira mengatakan, hal yang paling dibutuhkan pada tahun politik adalah bunga kredit yang ringan untuk pengembang properti.

Sebab, pengembang properti masih wait and see hingga pilkada selesai.

Hal itu terkait dengan kebijakan pembangunan rumah-rumah baru yang sangat lekat dengan kebijakan yang diambil pemimpin di daerah tersebut.

”Kalau pembelian rumah untuk hunian masih akan tetap ada. Namun, bunga konstruksi yang murah bakal mendorong pengembang untuk lebih aktif membangun proyek-proyek. Kalau bunga masih tinggi, pembangunan itu akan tertahan,” tutur Bhima, Senin (2/4).

Sementara itu, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengharapkan bank menurunkan bunga kredit konstruksi.

”Sekarang bunga spread-nya masih jauh sekali. Untuk bunga (kredit) konstruksi, ya, untuk KPR sudah bagus. Jika bunga konstruksi bisa turun, diharapkan bisa mendorong pembangunan dan memberikan biaya yang lebih murah,” kata Soelaeman, Senin (2/4).

Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) dan REI menyepakati kerja sama pengumpulan dan pertukaran data mengenai properti.

Kerja sama juga mencakup pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui focus group discussion (FGD), penelitian, seminar, dan sosialisasi bersama. (rin/c25/fal)


Bhima Yudistira mengatakan, hal yang paling dibutuhkan pada tahun politik adalah bunga kredit yang ringan untuk pengembang properti.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News