Pengembangan Bandara Ahmad Yani Rampung Akhir 2018

Pengembangan Bandara Ahmad Yani Rampung Akhir 2018
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Perhubungan untuk mengawal dan memastikan proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani agar selesai pada akhir 2018.

Terkait arahan presiden tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkomitmen mengawal proyek pengembangan bandara yang dikerjakan PT Angkasa Pura I.

Mantan dirut AP II ini juga optimistis proyek pengembangan bandara tersebut akan rampung paling lambat akhir 2018.

“Sekarang pembangunan sudah berjalan, pengembangannya meliputi pembangunan terminal, apron dan landasan pacu (runway),” ucap Budi dalam siaran persnya.

Menurut Budi, dengan adanya proyek pengembangan itu keberadaan Bandara Internasional Ahmad Yani diharapkan mampu menampung dan melayani lebih banyak penumpang.

Saat ini Bandara Ahmad Yani memiliki fasilitas runway seluas 2.680 m x 45 m, apron seluas 296 m x 98 m, gedung terminal seluas 6.708 m2.

Proyek yang dikerjakan nantinya akan meningkatkan kapasitas dan fasilitas kebandaraan seperti tempat parkir pesawat sebelumnya 29.032 m2 menjadi 72.500 m2, jalur penghubung landas pacu, pembangunan terminal penumpang menjadi 55 ribu m2.

"Jika saat ini terminal penumpang hanya berkapasitas 2.000 penumpang per hari, ke depan bisa mencapai 10 ribu penumpang per/hari," jelasnya.(chi/jpnn)


Prengembangan Bandara Ahmad Yani yang dikerjakan nantinya akan meningkatkan kapasitas dan fasilitas kebandaraan seperti tempat parkir pesawat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News