Pengembangan Bandara Silangit Tuntas Sebulan Lagi

Pengembangan Bandara Silangit Tuntas Sebulan Lagi
Pesawat milik Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com, TAPANULI UTARA - PT Angkasa Pura (AP) II memastikan pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara akan tuntas pada September 2017 atau sesuai jadwal. sehingga dapat maksimal dalam mendukung pariwisata di Sumatra Utara khususnya kawasan Danau Toba.

Kepastian tersebut disampaikan setelah President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin meninjau langsung proyek pembangunan pada Sabtu, (5/8) kemarin.

“Pengembangan Bandara Silangit salah satunya dalam mendukung peningkatan konektivitas transportasi udara sebagaimana dicanangkan pemerintah sehingga bisa mendukung pertumbuhan perekonomian dan pariwisata yang dalam hal ini adalah kawasan Danau Toba," ujar Awaluddin dalam siaran persnya.

Adapun pengembangan keseluruhan di Bandara Silangit di antaranya mencakup perluasan runway dari 2400 x 30 m menjadi 2650 x 45 m dan penambahan kapasitas apron dari hanya menampung dua unit pesawat Boeing 737 – 500 menjadi dapat menampung hingga empat unit pesawat Boeing 737 – 900 Extended Range atau sekelas.

Pengembangan juga menyentuh perluasan terminal dari berkapasitas 36.500 penumpang per tahun menjadi berkapasitas 1 juta penumpang per tahun, di samping tentunya AP II juga membangun sarana dan prasarana pendukung operasional lainnya.

Sejalan dengan tuntasnya pengembangan pada September mendatang, maka pada bulan itu juga Bandara Silangit akan mulai melayani penerbangan internasional, di mana AP II secara intensif tengah melakukan sejumlah persiapan bersama instansi lain khususnya Bea & Cukai, Imigrasi, dan Karantina.

Penerbangan langsung Jakarta – Silangit secara Perdana dilayani oleh Garuda Indonesia pada 22 Maret 2016, kemudian disusul oleh Sriwijaya Air pada 26 April 2016.(chi/jpnn)


PT Angkasa Pura (AP) II memastikan pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara akan tuntas pada September 2017 atau sesuai jadwal. sehingga dapat


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News