Pengguna Aktif Bulanan Spotify Tembus 207 Juta

Pengguna Aktif Bulanan Spotify Tembus 207 Juta
Ilustrasi apliksi Spotify (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com - Spotify nampaknya bisa bernapas lega, pasalnya mereka mengalami peningkatan pengguna secara signifikan. Dalam laporannya, Spotify mengklaim ada 207 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal empat 2018.

Dilansir GSM Arena, Kamis (7/2), dari angka tersebut sebanyak 96 juta merupakan akun berbayar untuk layanan premium. Angka tersebut mengalami peningkatan 36 persen atau sekitar 71 juta bila dibandingkan periode sama pada 2017.

Menurut salah satu pendiri Spotify, Daniel Ek, alasan terbesar kenaikan itu berasal dari paket liburan, di mana pengguna akun Spotify Family akan menerima Google Home Mini secara gratis.

BACA JUGA: Desain Baru, Spotify Premium juga Tambah Fitur

Tidak hanya itu, Spotify melaporkan total pendapatan perusahaan hampir sekitar Rp 23 triliun lebih. Angka itu diklaim 89 persen berasal dari pengguna premium. Sisanya berasal dari pengguna aktif bulanan (MAU) yang didukung iklan.

Artinya, 30 persen lebih tinggi dari pendapatan di kuartal empat 2017. Sedangkan laba tumbuh sebanyak 42 persen dari EUR 282 juta menjadi EUR 399 juta.

Spotify juga telah merilis jumlah penggunanya di seluruh dunia. Total MAU sebagian besar dari Eropa dengan jumlah 36 persen. Selanjutnya, diikuti oleh Amerika Utara dengan 30 persen, Amerika Latin 22 persen, dan sisanya gabungan sekitar 12 persen.

Spotify kabarnya akan memperluas portofolio podcast-nya. Spotify telah mengakuisisi jaringan Gimlet dan membeli Anchor, untuk platform podcast. (mg9/jpnn)


Spotify nampaknya bisa bernapas lega, pasalnya mereka mengalami peningkatan pengguna secara signifikan. Dalam laporannya, Spotify mengklaim ada 207 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal empat 2018.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News