Pengumuman Lowongan Kerja Keduluan Yang Palsu

Pengumuman Lowongan Kerja Keduluan Yang Palsu
Foto: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Para pencari kerja kerap menjadi korban hoaks. Nah, yang satu ini, kabar palsu itu muncul sebelum lowongan resmi dibuka.

Salah satunya adalah lowongan di PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pada Juni 2017 beredar surat berkop PT KAI. Dalam surat juga ada logo biro perjalanan Ram Tour and Travel.

Dari surat tersebut, PT KAI seolah-olah bekerja sama dengan biro travel dalam perekrutan pegawai PT KAI. Isi surat itu mengumumkan 29 daftar nama yang dianggap terpilih dalam seleksi pegawai.

Nama-nama tersebut diharuskan melakukan registrasi di kantor Jakarta Railway Center (JRC) di Jakarta. Registrasi tersebut diharuskan melalui agen Travel Ram. Caranya, mengirimkan pesan berformat khusus ke nomor seluler pribadi 08521971****.

Ada dua format untuk peserta dari wilayah Jabodetabek dan dari luar itu. Namun, jika dicermati, pembedaan format tersebut menggelikan. Sebab, tidak ada kode khusus yang membedakan wilayah.

Untuk wilayah JABODETABEK, format pesannya: REG.PTKAI/Nama lengkap/Alamat Lengkap/No.KTP/Alamat E-mail/Jenis Bank Pembayaran.

Sedangkan untuk luar wilayah itu, format pesannya: REG.PTKAI/Nama lengkap/No.KTP/Alamat/rute penerbangan/ATM Pembayaran/E-mail.

Setelah mengirim pesan dengan format tersebut, peserta akan mendapat balasan dari agen travel. Berupa kode booking, jadwal penerbangan, perincian pembayaran, dan nomor rekening bendahara tujuan.

Para pencari kerja kerap menjadi korban hoaks. Nah, yang satu ini, kabar palsu itu muncul sebelum lowongan resmi dibuka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News