Penting Diketahui Ibu-ibu nih, Soal Jadwal Imunisasi MR

Penting Diketahui Ibu-ibu nih, Soal Jadwal Imunisasi MR
Petugas medis di Deiyai memberi vaksin ke anak-anak. Foto: Fransiskus Bobii For Cenderawasih Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) akan dilakukan Agustus-September 2017 mendatang. Saat ini, vaksin sudah didistribusikan ke dinas kesehatan provinsi seluruh Jawa. Pulau Jawa memang menjadi sasaran pertama kampanye ini.

Tahun ini, sejumlah 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 puskesmas akan melaksanakan kampanye dengan total sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun yang akan diberikan imunisasi MR sejumlah 34.964.384 anak.

Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina, dan Kesehatan Matra Kementerian Kesehatan Elizabeth Jane Soepardi mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya proyek dari Kementerian kesehatan.

“Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Pusat, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan juga lembaga serta organisasi terkait lainnya,” bebernya.

Jane menambahkan dalam rangka menyukseskan kampanye ini, Kemenkes telah menyediakan sejumlah 4.777.150 vial vaksin MR. Seluruhnya akan sudah didistribusikan ke seluruh provinsi di Pulau Jawa sejak kemarin (20/7).

Selain itu alat pendukung seperti alat suntik dan logistik lainnya dan serta buku petunjuk teknis pelaksanaan juga telah didistribusikan ke provinsi.

”Nanti dari dinas kesehatan provinsi akan turun ke dinas kesehatan kabupaten/kota,” ungkapnya.

Kampanye imunisasi MR dilaksanakan selama Agustus-September 2017 untuk seluruh wilayah di pulau Jawa dan Agustus-September 2018 untuk seluruh wilayah di luar pulau Jawa. Pada Agustus, imunisasi MR diberikan untuk anak usia sekolah yang berusia 7 hingga 15 tahun.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) akan dilakukan Agustus-September 2017 mendatang. Saat ini, vaksin sudah didistribusikan ke dinas kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News