Penuhi Pasokan Listrik, KKP Gandeng PLN

Penuhi Pasokan Listrik, KKP Gandeng PLN
Sekretaris Jenderal KKP, Rifky Effendi Hardijanto dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir (batik kiri) saat melakukan kerja sama yang disaksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto dok Humas KKP

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersinergi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memenuhi pasokan tenaga listrik di setiap lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Hal tersebut terangkum dalam naskah penandatanganan kesepakatan bersama antara Sekretaris Jenderal KKP, Rifky Effendi Hardijanto dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir, yang disaksikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Adapun ruang lingkup kerja sama meliputi penyediaan listrik di 12 lokasi SKPT, yang berada di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan.

Lokasi tersebut di antaranya Natuna, Saumlaki, Merauke, Mentawai, Nunukan, Talaud, Morotai, Biak Numfor, Mimika, Rote Ndao, Sumba Timur dan Sabang.

Selain itu, kerja sama juga membahas mengenai pemanfaatan sarana dan pra sarana serta pertukaran data dan informasi.

Susi menjelaskan tenaga listrik di 12 lokasi SKPT yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan membutuhkan transmisi yang besar.

“Sebenarnya project yang dibuat bukanlah project yang besar. Semuanya dalam angka kecil, tapi memang ditempatkan di banyak lokasi, karena disesuaikan dengan geografis kita" jelasnya.

Pasokan tenaga listrik yang bersumber dari baterai maupun diesel dianggap tepat digunakan di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersinergi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memenuhi pasokan tenaga listrik di setiap lokasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News