Penurunan Emisi Untuk Kesejahteraan Rakyat

Penurunan Emisi Untuk Kesejahteraan Rakyat
Menteri LHK Siti Nurbaya saat memberi arahan pada Pekan Perubahan Iklim. Humas KLHK for JPNN.com

jpnn.com - MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menegaskan komitmen serius pemerintah Indonesia dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

Sesuai dengan kesepakatan Paris, setiap Negara berkomitmen menjaga kenaikan suhu global tetap di bawah 2 derajat dibanding dengan masa pra industri.

Siti Nurbaya menjelaskan, sepanjang tahun 2016 banyak kebijakan dan langkah operasional Indonesia yang berdampak langsung pada penurunan emisi. Kebijakan itu seperti moratorium dan restorasi gambut, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dan pencegahan deforestasi. 

''Semua kebijakan dan langkah operasional tersebut memiliki indikator yang jelas sehingga terukur dan bisa dipantau dan diverifikasi,'' kata Menteri Siti.

Menteri KLHK juga menegaskan bahwa kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain. 

''Melainkan amanat dari peraturan perundang-undangan untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia,'' katanya.

Berbagai langkah preventif Indonesia dalam mitigasi perubahan iklim, mendapat apresiasi dari dunia internasional.

''Artinya usaha kita di dalam negeri sudah sesuai dengan perintah Undang-Undang Dasar, dan memang sesuai dengan harapan komunitas internasional,'' ujar Menteri Siti.

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menegaskan komitmen serius pemerintah Indonesia dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News