Penyelenggara Pilkada Garut Terima Suap Demi Loloskan Calon

Penyelenggara Pilkada Garut Terima Suap Demi Loloskan Calon
Martinus Sitompul. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Anti-Money Politics Polri telah menangkap dua penyelenggara pemilu di Garut yang menerima suap demi meloloskan calon kepala daerah. Tangkapan Polri adalah AS (komisioner KPUD Garut) dan HHB selaku ketua Panwaslu setempat.

Kabagapenum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, AS dan HHB kini ditahan di Polda Jawa Barat. Selain itu, polisi juga menangkap makelar suap berinisial DW yang menjadi penghubung atau liaison officer (LO) bagi pasangan Soni Sondani-Usep Nurdini yang akan maju di Pilkada Garut 2018.

Martinus menuturkan, penangkapan dilakukan di kantor KPUD Garut, Jalan Suherman, Tarogong Kaler, Sabtu (24/2). Bukti suapnya adalah sebuah mobil dan uang.

“Pelaku DW telah memberikan uang sebesar Rp 10 juta ke HHB dan memberikan Rp 100 juta ke AS. Kemudian ada penyerahan satu unit mobil Daihatsu Sigra dengan nomor polisi Z 1784 DY,” kata Martinus.

Mantan Kabid Humas Polda Jabar itu menambahkan, pemberian uang dan mobil itu untuk meloloskan Soni Sondani-Usep Nurdini sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Garut 2018-2023. Kini, DW disangka sebagai pemberi suap dan dijerat dengan Pasal 5 Undang-undang (UU) Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedangkan HHB dan AS kini menjadi tersangka penerima suap. Keduanya dijerat dengan Pasal 11 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.(mg1/jpnn)


Satgas Anti-Money Politics Polri telah menangkap dua penyelenggara pemilu di Garut yang menerima suap demi meloloskan calon kepala daerah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News