Per 20 Juni Tarif Tol JORR Naik Mulai Dari Rp 5000

Per 20 Juni Tarif Tol JORR Naik Mulai Dari Rp 5000
Sejumlah pemudik roda empat melintas di Tol Jorr Cikunir, Kamis (22/6). Puncak arus mudik melalui Tol JORR diprediksi H-2 Lebaran. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeluarkan Surat Keputusan No. 382/KPTS/M/2018 tentang perubahan tarif Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Pemberlakuan aturan tarif baru Tol JORR tersebut mulai diterapkan tujuh hari kalender sejak keputusan dibuat pada tanggal 13 Juni 2018 Pukul 00.00 WIB yakni pada 20 Juni mendatang.

Di mana, tarif baru nanti mengharuskan kendaraan golongan I berupa sedan, jip, pikap/truk kecil dan bus dikenai biaya Rp 15,000, golongan II dan III Rp 22,000 dan golongan IV dan V Rp 30,000. Kenaikan tarif ini berkisar dari Rp 5,500 sampai Rp 11,000-an.

Adapun seksi yang diberlakukan integrasi pada Jalan Tol JORR meliputi Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Pemberlakuan tarif baru juga diiringi dengan integrasi sistem transaksi yang bisanya bisa sampai dua kali kini dipangkas menjadi satu kali saja.

Dengan demikina, akan ada titik transaksi baru yaitu pada akses masuk Bintaro Viaduct yang mengarah ke Bintaro dan tidak terdapat transaksi pada beberapa gerbang tol antara lain, GT Meruya Utama, GT Meruya Utama 1, GT Semper Utama, GT Rorotan dan GT Pondok Ranji (Sayap menuju Bintaro).

Integrasi tersebut diharapkan bisa memangkas waktu tempuh pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan menuju SS Penjaringan dan Kebon Bawang maupun arah sebaliknya. (mg8/jpnn)


BPJT Kementerian PUPR mengeluarkan Surat Keputusan No. 382/KPTS/M/2018 tentang perubahan tarif Tol JORR sekaligus integrasi sistem pembayaran.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News