Perdagangan Antarpulau Jatim Surplus Rp 54 Triliun

Perdagangan Antarpulau Jatim Surplus Rp 54 Triliun
Bank Indonesia. Foto: JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah mengatakan, ekspor Jatim masih terpengaruh ketidakpastian kondisi ekonomi dunia.

Salah satunya adalah perlambatan ekonomi di Tiongkok.

“Jadi, sementara belum tahu pasti bagaimana perkembangan ekspor ke depan, Tapi, yang jelas, perdagangan domestik antarpulau meningkat,’’ ujar Difi, Minggu (23/4).

Berdasar data Kadin Jatim, perdagangan antarpulau Jatim pada tahun lalu tercatat surplus Rp 54 triliun.

Jumlah itu meningkat jika dibandingkan dengan surplus pada 2015 Rp 47 triliun. Sementara itu, nilai perdagangan Jatim pada tahun lalu mencapai Rp 290 triliun.

Kendalanya, lanjut Difi, tidak semua perdagangan antarpulau berjalan efisien. Supaya biaya transportasi dan logistik bisa efisien, tingkat keterisian kapal pulang-pergi harus terjaga.

Apalagi, kegiatan perdagangan itu bersifat business-to-business.

’’Dulu tidak atau jarang ada kapal yang balik dalam kondisi kosong. Nah, hal tersebut perlu dicermati bagaimana (perdagangan antarpulau) bisa lebih efisien. Namun, kami optimistis karena Jatim merupakan daerah produsen,’’ lanjut Difi.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah mengatakan, ekspor Jatim masih terpengaruh ketidakpastian kondisi ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News