Peringatan Tegas Pemerintah untuk Importir Bawang Putih

Peringatan Tegas Pemerintah untuk Importir Bawang Putih
Bawang putih. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menggelontorkan empat kontainer yang berisi masing-masing 30 ton bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (5/5).

Hal itu dilakukan untuk menstabilkan harga bawang putih yang masih tinggi di pasar.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan, secara total pihaknya menggelontorkan 120 ton bawang putih.

Pihaknya diminta presiden untuk langsung turun ke lapangan. Menurut dia, stok bawang putih kini sudah lebih dari cukup sehingga diharapkan dapat meredam harga selama bulan puasa.

”Kami laporkan bahwa bawang putih stoknya dua kali lipat dari kebutuhan bawang bulanan 50 ribu ton, stok saat ini stok 100 ribu ton lebih,” ujar Amran.

Amran mengatakan bahwa para importir yang memiliki stok bawang putih telah melakukan kerja sama dengan menggelontorkan ke pasar.

Kementan berharap harga bawang putih dapat turun menjadi Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kg dari harga saat ini di atas Rp 40.000 per kg.

”Pemerintah menginstruksikan kepada 14 importir bawang putih di seluruh Indonesia menjual bawang putih dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per (kg),” tambah Amran.

Kementerian Pertanian menggelontorkan empat kontainer yang berisi masing-masing 30 ton bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (5/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News