Perkuat Pendidikan Karakter, Kemdikbud Gencar Sosialisasi di Papua dan Papua Barat

Perkuat Pendidikan Karakter, Kemdikbud Gencar Sosialisasi di Papua dan Papua Barat
Siswa SD. Ilustrasi Foto: Mesya Mohammad/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 110 kepala sekolah dan pengawas jenjang pendidikan dasar di Provinsi Papua dan Papua Barat mengikuti bimbingan teknis implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Kota Jayapura, mulai 25 sampai 28 Juli 2017. Bimbingan Teknis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk region Papua dan Papua Barat diselenggarakan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Tendik Dikdasmen) Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Tahun ini, sosialisasi dan pelatihan PPK menargetkan 1.626 sekolah. Targetnya untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada Kepala Sekolah, Pengawas, Guru dan Komite Sekolah agar dapat mendorong penerapan PPK," ujar Direktur Pembinaan Tendik Dikdasmen Garti Sri Utami dalam pernyataan persnya, Kamis (27/7).

Untuk guru, menurut Garti, sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Sedangkan untuk komite sekolah, sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

"Diharapkan para alumni bimtek bisa menjadi agen PPK di sekolah dan di daerah yang melaksanakan gerakan PPK di sekolah. Baik melalui pendekatan berbasis kelas, budaya sekolah maupun masyarakat sesuai potensi lingkungan dan kearifan lokal yang ada," terangnya.

Tahun 2016, Kemendikbud telah melakukan sosialisasi dan pelatihan PPK kepada 538 sekolah di 34 provinsi. Pada 2017, Kemendikbud lebih gencar melakukan sosialisasi PPK melalui berbagai pelatihan, bimbingan teknis, pengimbasan, rapat koordinasi, maupun forum Kelompok Kerja Guru (KKG)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).(esy/jpnn)


Sebanyak 110 kepala sekolah dan pengawas jenjang pendidikan dasar di Provinsi Papua dan Papua Barat mengikuti bimbingan teknis implementasi Penguatan


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News