Permainan Isu SARA Bikin Buruk Pilkada Ibu Kota

Permainan Isu SARA Bikin Buruk Pilkada Ibu Kota
Pengamat politik LIPI Ziti Zuhro. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengaku prihatin dengan dinamika pada pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta.

Pasalnya, permainan isu suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA) justru sangat menonjol dalam pemilihan calon gubernur di ibu kota RI itu.

"Pilkada DKI buruk. Belum apa-apa sudah mengedepankan SARA," kata Siti dalam diskusi Pilkada Sehat dan Demokratis di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4). 

Siti menambahkan, kondisi itu diperburuk dengan keadaan masyarakat yang mudah terpengaruh. Akibatnya, perdebatannya justru pada hal-hal yang semestinya tak perlu dipersoalkan.

"Siapa pun itu yang mengungkit, merespons berlebihan, itu buruk karena  sudah terbawa hal-hal yang tidak perlu dipersoalkan.  Ini kita sudah sesat dengan isu sesaat," katanya. 

Mbak Wiwiek -panggilan akrab Siti- menambahkan, isu SARA memang sudah ada sejak dahulu. Bahkan isu SARA masih laku di Amerika Serikat yang mengaku kampiun demokrasi.

Dia mengatakan, dalam demokrasi dan politik harusnya melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik. Bukan hanya penguasa, melainkan sebagai pemimpin yang menjadi suri teladan sesuai dengan empat konsensus negara.

Karenanya Wiwiek mengajak semua pihak menghindari isu SARA. "Ketika pilkada berbeda, maka memerlukan kedewasaan, kematangan yang harus ditunjukkan," jelasnya.(boy/jpnn)


Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengaku prihatin dengan dinamika pada pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News