Permohonan Sandar Kapal di Pelindo III, Kini Cukup Gunakan Aplikasi

Permohonan Sandar Kapal di Pelindo III, Kini Cukup Gunakan Aplikasi
Ilustrasi kapal. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Para pengguna jasa kepelabuhanan Pelindo III tak perlu lagi datang ke kantor perseroan untuk mengajukan permohonan sandar kapal.

Kini cukup dengan menggunakan aplikasi Integrated Billing System atau IBS, dengan alamat Web : anjungan.pelindo.co.id, para pengguna jasa kepelabuhanan sudah bisa mengajukan permohonan sandar kapal.

Aplikasi IBS tersebut merupakan sebuah platform sistem informasi pelayanan jasa pelabuhan berbasis online yang mudah di akses oleh pengguna jasa kepelabuhanan dimanapun dan kapanpun.

General Manager Pelindo III Tanjung Wangi, Edy Sulaksono menjelaskan Kementerian BUMN telah mewajibkan Badan Usaha Pelabuhan untuk menerapkan single billing, yaitu Integrated Billing System.

“Penerapan sistem IBS diharapkan bisa mempercepat pelayanan dan bisa mengurangi tatap muka langsung antara Pelindo III dengan pelanggan jasa kepelabuhanan,” ujar Edy.

Beberapa manfaat dari penerapan sistem IBS antara lain transparansi biaya, efisien penggunaan kertas, kemudahan tracking dalam permohonan serta pelayanan. Selain itu pengguna jasa bisa mengetahui jumlah kapal yang sudah dibongkar setiap harinya.

Untuk memberikan kemudahan bertransaksi dalam pembiayaan serta pembayaran, Pelindo III Tanjung Wangi telah bekerjasama dengan beberapa bank, di antaranya Bank Jatim, Mandiri, serta BNI.(chi/jpnn)


Para pengguna jasa kepelabuhanan Pelindo III tak perlu lagi datang ke kantor perseroan untuk mengajukan permohonan sandar kapal.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News