Pertama di Indonesia, Tanjung Lesung Gelar Rhino Cross Triathlon

Pertama di Indonesia, Tanjung Lesung Gelar Rhino Cross Triathlon
Ilustrasi. Foto: Vox Populi for JPNN

jpnn.com, BANTEN - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung akan menggelar Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) pada 24 September 2017.

Itu adalah sebuah kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda, dan lari. Event itu menjadi bagian dari Tanjung Lesung Festival.

Direktur Utama PT. Banten West Java selaku pengelola kawasan Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, olahraga adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

“Rhino Cross Triathlon sebagai event off-road triathlon pertama di Indonesia dihelat untuk mengundang wisatawan mancanegara dan domestik. Khususnya penggemar olahraga triathlon. Mereka berpartisipasi di ajang yang begitu unik ini sekaligus menikmati bukan hanya keindahan alam Tanjung Lesung, namun juga keramahtamahan khas Banten dan budayanya yang begitu melegenda,” kata Poernomo, Kamis (15/6).

Dia menambahkan, Rhino X-Tri menjadi bagian dari perhelatan akbar Tanjung Lesung Festival yang merupakan event tahunan untuk memperkenalkan kawasan Tanjung Lesung melalui penyelenggaraan multi event olahraga, budaya dan kuliner.

Kick-off festival akan dihelat pada tanggal 17 Agustus 2017. Nantinya akan digelar percobaan pemecahan rekor nasional Penyelam Termuda Pengibar Bendera Merah Putih di Laut Selat Sunda. 

“Rhino X-Tri di Tanjung Lesung ini akan menjadi event bersejarah karena pertama kali dihelat di Indonesia. Saat ini, para penggemar olahraga road triathlon tumbuh dengan pesat. Namun, untuk mengikuti kompetisi cross triathlon mereka harus pergi ke luar negeri karena belum pernah ada penyelenggaraan kompetisi multisport ini di Indonesia,” kata Event Director Rhino X-Tri Tense Manalu.

“Kawasan Tanjung Lesung menjadi venue yang sangat bagus dan menantang karena tersedianya berbagai trek dan lintasan yang diperlukan seperti trek perbukitan, pantai berpasir dan jalan tanah berlumpur,” imbuhnya.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung akan menggelar Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) pada 24 September 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News