Perum Jamkrindo Siap Antar UMKM Naik Kelas

Perum Jamkrindo Siap Antar UMKM Naik Kelas
Perum Jamkrindo. Foto dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Pasa 12 Agustus 2018 merupakan momen penting bagi pelaku UMKM, lantaran sebagai hari UMKM Nasional yang pertama kali disepakati pada 2016 saat kongres UMKM di Yogyakarta.

Sebagai perusahaan yang diberi mandat khusus oleh pemerintah untuk melakukan penjaminan bagi UMKM dan koperasi (UMKMK), Perum Jamkrindo telah lama menjadi tonggak pemberdaya UMKMK.

Tidak hanya memberikan jaminan kredit, Perum Jamkrindo juga terus berinovasi dengan melakukan pemeringkatan terhadap UMKM dan juga memberikan pendampingan kepada para UMKM.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, pihaknya berperan dalam membantu UMKM naik kelas atau tumbuh dengan skala yang lebih besar.

"Sudah menjadi tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKM dan koperasi,” ujar Randi dalam siaran persnya.

Untuk itu, lanjut Randi, setiap tahunnya Perum Jamkrindo meningkatkan kapasitas penjaminan kreditnya. Pada 2018, Perum Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 156,8 triliun.

Adapun sepanjang 2008 sampai 2017, Perum Jamkrindo telah mencatatkan volume penjaminan kredit lebih dari Rp 200 trilliun.

Perum Jamkrindo telah lama menjadi tonggak pemberdaya UMKMK sejak dipercaya oleh pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News