Perwakilan Petani Tebu Sambangi Kantor PKB, Ini Permintaannya

Perwakilan Petani Tebu Sambangi Kantor PKB, Ini Permintaannya
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar memberikan keterangan kepada wartawan usai menerima Asosiasi Petani Tebu di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (4/7). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah perwakilan petani tebu dari Jawa Timur menyambangi kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (4/7) siang.

“Kami rombongan dari Jatim datang untuk mengeluh pada Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar terkait keresahan luar biasa dari petani tebu di Jawa Timur," ujar koordinator petani tebu, Muhammad Hamim.

Menurut pria yang menjabat Ketua Umum Pusat Koperasi Petani Tebu Rakyat ini, petani selama ini sangat dirugikan dengan kebijakan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar sepuluh persen yang dibebankan pada petani gula.

“Jadi pembeli gula dari petani (pedagang, red) memberikan tekanan pada petani untuk menyisihkan sepuluh persen untuk membayar PPN," ucap Hamim.

Pria yang akrab disapa Gus Hamim ini mengaku tidak tahu siapa pihak yang menekan petani. Karena itulah mereka datang mengadu ke Cak Imin untuk bisa menyampaikan keluhan mereka ke Presiden Joko Widodo.

"Petani sebenarnya sudah mau demo ramai-ramai ke Jakarta tanpa ada yang membiayai. Karena kalau diterapkan PPN sepuluh persen, keuntungan petani habis," katanya.

Para petani kata Gus Hamim, berharap Cak Imin dapat menyampaikan ke pemerintah untuk segera memberi kejelasan terhadap penerapan PPN 10 persen.

Karena pada Februari lalu Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan putusan yang membatalkan tafsir Mahkamah Agung terkait sebelas item kebutuhan rakyat yang selama ini kena pajak.(gir/jpnn)


Sejumlah perwakilan petani tebu dari Jawa Timur menyambangi kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), di Jalan Raden Saleh,


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News